Kegiatan Pembimbingan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Guru PJOK SMA Kota Yogyakarta

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting untuk mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Profesi guru dipandang perlu untuk dikembangkan sebagai profesi bermartabat sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang tentang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005.

Penelitan Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara yang strategis bagi guru untuk memperbaiki layanan kependidikan yang harus diselenggarakan dalam konteks pembelajaran di kelas dan peningkatan kualitas program sekolah secara keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan mengingat tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan. Tujuan ini melekat pada diri guru dalam menunaikan misi profesional kependidikannya.

Manfaat yang dapat dipetik jika guru mau dan mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas itu terkait dengan komponen pembelajaran, antara lain: (1) inovasi pembelajaran, (2) pengembangan kurikulum di tingkat kelas dan sekolah, dan (3) peningkatan profesionalisme guru. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk memahami apa yang terjadi di kelas dan untuk mengetahui bagaimana cara pemecahan masalah yang dapat dilakukan. Dengan melakukan penelitian maka masalah-masalah aktual yang di hadapi guru dapat melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan praktek-praktek pembelajaran berhasil agar menjadi lebih baik dan efektif. Selain itu, laporan PTK sebagai salah satu bentuk karya tulis ilmiah dapat dinilaikan angka kreditnya sebagai unsur karya publikasi ilmiah.

Manfaat menyusun PTK sangat bernilai bagi pengembangan keprofesian guru namun belum semua guru PJOK termotivasi melakukannya. Mensikapi permasalahan dan kemanfaatan dari PTK di atas maka pengawas Pembina MGMP PJOK Drs. Aris Priyanto, M.Or mengadakan pembimbingan penulisan proposal PTK, bekerjasama dengan MGMP PJOK SMA Se Kota Yogyakarta. Kegiatan telah dirintis dengan pertemuan perdana yang diselenggarakan pada tanggal 29 November 2017 di SMA Bopkri 2 Yogyakarta. Dalam pertemuan ini telah disepakati rencana pembimbingan PTK secara rutin bagi guru PJOK.

Pembimbingan proposal PTK pada hari Kamis, 11 Januari 2018 berlangsung di Balai Dikmen Kota Yogyakarta. Pembimbingan dengan suasana akrab dan menyenangkan berjalan lancar meskipun tidak semua guru hadir. Pembimbingan berikutnya akan dilakukan pada hari Selasa, 23 Januari 2018 pukul 12.00 -15.00 di tempat yang sama. Diharapkan semua guru PJOK bisa hadir mengikuti pembimbingan. Perlu diketahui bahwa pembimbingan ini akan dilakukan secara rutin sampai terwujudnya karya guru. Bagi guru PJOK yang belum bergabung diharapkan untuk segera bergabung dan turut aktif menciptakan iklim akademik dan inovatif.